header-int

Kekristenan dan kebudayaan

Rabu, 02 Okt 2019, 10:10:12 WIB - 19 View
Share
Kekristenan dan kebudayaan

Yane Rosmawati Maahury, Kekristenan dan kebudayaan: Suatu studi tentang pertemuan kekristenan dan kebudayaan dalam perkembangan sejarah gereja di tanah kisar. Dibimbing Oleh Edward Poelinggomang dan Daniel Sopamena.

Tesis ini dilatarbelakngi oleh terjadinya pertentangan antara kekristenan Injil dan kebudayaan dalam kehidupan bergereja  ditana kisar pertentangan kekristenan dan kebudayaan disebabkan oleh gereja yang cenderung memberikan interpretasi yang negatif terhadap kebudayaan. oleh karena itu terjadi disfungsional bahasa adat sebagai hasil kebudayaan.

Sebagai penelitian sejarah ini bertujuan untuk mencari titik temu diantara kekristenan dan kebudayaan agar dapat dijadikan acuan, norma, aturan dalam menata kehidupan bersama di tana kisar.

Akhirnya hubungan kekristenan dengan kebudayaan memiliki banyak kesamaan nilai-nilai kemanusiaan sebagaimana yang ditegaskan dalam alkitab maupun nilai yang dikreasikan dalam kebudayaan pada satu sisi kekristenan dan kebudayaan memiliki kesamaan nilai. akan tetapi di sisi lain kekristenan injil dan juga harus mengkritisi kebudayaan. ole karena sebaik apapun kebudayaan manusia tidak perna luput dari dosa, harus bawa dalam terang firman tuhan agar berguna untuk membangun kebaikan bersama di bumi surga.

 

STT INTIM Makassar membuka kelas dan kuliah pertama di SoE Nusa Tenggara Timur pada tanggal 18 september 1948. Saat Ini STT INTIM Makassar Menyelenggarakan Program Studi sarjana Teologi(S.Th), Program Studi sarjana PAK (S.PdK) dan Program Studi Pascasarjana Magister Teologi(M.Th)
© 2019STT INTIM Makassar Follow Kami : Facebook Twitter Linked Youtube